4 Manfaat Barang Promosi untuk Bisnis Anda, Apa Saja Ya?

03 Aug 2021. By Redpod Gifts

Barang promosi atau promotional product bisa jadi faktor penting dalam mendorong kesuksesan pemasaran bisnis Anda lewat peningkatan brand awareness, hingga bertambahnya angka konversi atau penjualan. Bahkan, manfaat barang promosi untuk bisnis tak hanya bisa dirasakan oleh bisnis yang sudah mapan, tapi juga UKM maupun bisnis baru. Apalagi, bisnis baru jelas perlu memperkuat aspek brand awareness-nya terlebih dahulu agar bisa mencapai kestabilan dan kesuksesan.

Lalu, apa saja ya manfaat barang promosi untuk bisnis yang bisa Anda rasakan? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Manfaat Barang Promosi untuk Bisnis

1. Lebih efektif dibandingkan kartu nama

Adanya barang promosi bisa memberikan sentuhan yang lebih menarik dan engaging dibandingkan sekadar selembar kartu nama ketika Anda memperkenalkan bisnis Anda. Bahkan, meskipun kartu nama dan barang promosi sama-sama mencantumkan nama brand bisnis atau produk Anda, barang promosi menawarkan nilai lebih. Misalnya payung atau tote bag yang bisa digunakan terus-menerus dalam jangka waktu panjang, atau barang promosi yang sesuai dengan lini bisnis maupun target pasar Anda. Data sendiri menunjukkan bahwa ukuran produk yang dijadikan sebagai barang promosi bukanlah faktor penting selama barang tersebut dapat memberikan nilai lebih bagi penerimanya.

2. Bantu tingkatkan visibilitas brand bisnis Anda

Karena pada dasarnya barang promosi menawarkan keunikan dalam promosi bisnis Anda, adanya barang promosi pun bisa bantu bisnis Anda untuk memberikan kesan berbeda dibandingkan pesaing di mata masyarakat. Dan cara ini pun membantu pelanggan untuk mengenali brand Anda dengan segera begitu mereka melihat logo brand Anda di kemudian hari. Apalagi jika Anda memilih barang promosi yang bermanfaat dan bisa sering digunakan, sehingga pelanggan akan semakin mudah mengingat brand Anda. Di samping itu, data menunjukkan bahwa 85 persen orang melakukan pembelian setelah menerima barang promosi.

3. Alat pemasaran yang hemat biaya

Barang promosi merupakan solusi yang efektif dari segi biaya dibandingkan media pemasaran atau iklan lainnya, terutama media fisik seperti media cetak. Dan karena barang promosi mudah dilihat oleh orang lain selain yang menerimanya, tentu tak heran jika akhirnya ada makin banyak orang yang mengetahui nama atau logo brand Anda. Dengan begitu, mereka akan langsung merasa familiar begitu melihat nama atau logo brand bisnis Anda dan tidak merasa segan untuk berinteraksi atau bahkan bertransaksi. Dengan begitu, reputasi brand bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan luar biasa, kan?

4. Meningkatkan lead dan angka penjualan

Tahukah Anda kalau sebenarnya barang promosi sebenarnya bukan hanya alat yang digunakan untuk tujuan branding, tapi juga untuk menghasilkan lead? Hingga saat ini, barang promosi telah terbukti mampu meninggalkan kesan positif yang lebih lama di dalam hati pelanggan. Bahkan, data mencatat bahwa 6 dari 10 orang menyimpan barang produksi sampai dengan 2 tahun lamanya, lho! Dan karena barang promosi pun mampu mendorong penerimanya untuk melakukan transaksi, manfaat barang promosi untuk bisnis yang juga perlu Anda catat adalah perannya dalam mengonversi penerimanya menjadi pelanggan loyal bisnis Anda.

Nah, itulah sederet manfaat barang promosi untuk bisnis yang penting untuk bisnis kecil atau bisnis yang baru Anda jalankan. Anda bisa dapatkan berbagai jenis barang promosi yang menarik dan berkualitas di Red Pod Gifts sesuai dengan kebutuhan maupun lini usaha Anda. Klik www.redpodgifts.com untuk informasi lengkapnya, ya!


Kembali ke halaman info & artikel