5 Tips Memilih Produk Promosi yang Tepat

10 Jul 2019. By Redpod Gifts

Menentukan produk promosi ternyata tidak segampang yang kita pikirkan. Alih-alih mendapatkan produk promosi bagus, tidak jarang perusahaan mendapatkan produk promosi yang jauh dari ekspektasi. Untuk menghindari hal tersebut, maka berikut ini 5 tips dalam memilih produk promosi yang tepat.

Kenali Target Pelanggan

Dalam menentukan jenis produk souvenir atau merchandise apa yang akan anda atau perusahaan berikan tentunya anda perlu mengenali target pelanggan terlebih dahulu. Hal ini berkaitan disebut juga dengan target pemasaran. Lalu bagaimana caranya? Perkirakanlah apakah pelanggan anda sebagian besar laki-laki atau perempuan. Apabila target pasar merupakan sebagian besar perempuan, maka sesuaikan lah produk promosi anda dengan gender tersebut. Misalnya, memilih produk promosi berupa tas dengan desain manis dan feminin.

Selain memperhatikan gender, beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait target pasar adalah usia dan pekerjaan yang pada akhirnya disesuaikan pula dengan kecenderungan minat dan hobi mereka. Misalnya, bagi para remaja yang masih duduk di bangku kuliah, produk promosi bisa berupa flashdisk berbentuk gelang unik ataupun notebook dengan desain kreatif.

Tentukan Budget

Hal penting lainnya dalam memilih produk promosi adalah terkait budget. Setiap perusahaan pasti memiliki anggaran tersendiri, baik perusahaan startup maupun perusahaan besar. Dalam menjalankan bisnis, pasti anda memiliki beberapa pengeluaran yang perlu dipertimbangkan, salah satunya pengeluaran untuk promosi dan advertising.

Bagi anda yang memiliki budget cukup, tidak perlu memaksakan diri untuk menghabiskan semua anggaran pada promosi. Biasanya, beberapa pusat konsultasi bisnis menyarankan untuk hanya menggunakan 5% dari pendapatan untuk advertising.

Perhatikan Kegunaannya

Anda pastinya tidak ingin uang yang telah anda keluarkan untuk media promosi terbuang begitu saja bukan? Oleh karena itu, souvenir yang anda berikan kepada pelanggan tentunya harus bermanfaat. Pilihlah jenis produk yang dapat digunakan sehari-hari, seperti tas kanvas. Tas tersebut tidak hanya memiliki kegunaan yang praktis, namun anda juga secara tidak langsung telah mendukung program ramah lingkungan, lho.

Buatlah produk promosi anda dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Beberapa contoh produk promosi yang berjangka panjang adalah pakaian, handuk, payung, topi, dan sebagainya. Selain itu, pastikan juga produk promosi anda memiliki logo yang jelas dan sering terlihat oleh orang lain.

Perhatikan Display dan Kualitas Produk

Produk promosi yang anda berikan haruslah unik, inovatif, dan kreatif. Mengapa perlu demikian? Karena produk yang inovatif dan kreatif secara langsung maupun tidak langsung akan turut memberikan citra yang serupa terhadap bisnis atau perusahaan yang anda jalankan. Ballpoint multifungsi yang bisa digunakan sebagai alat tulis, USB dan sekaligus pointer merupakan salah satu produk inovatif.

Selain display dari produk yang harus diperhatikan, kualitas dari produk pun penting untuk anda perhatikan. Produk dengan kualitas bagus biasanya akan tahan lama. Untuk memastikan produk promosi anda berkualitas baik, anda bisa meminta sample kepada produsen terkait dan mencobanya sendiri.

Perhatikan Waktu Pemesanan

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah perhatikan waktu pemesanan souvenir. Tidak sedikit perusahaan yang melewatkan tips satu ini. Beberapa produk promosi harus dipesan jauh-jauh hari karena memerlukan proses pembuatan yang tidak singkat. Misalnya, pembuatan kaos atau topi dengan bordir akan memerlukan waktu produksi lebih lama dari pembuatan kaos dan topi dengan sablon. Jumlah pemesanan anda pun turut mempengaruhi lamanya pembuatan produk promosi. Bukan hanya itu, faktor gangguan teknis pun dapat datang kapan saja. Oleh karena itu, untuk menghindari keterlambatan penerimaan produk pesanan, anda perlu memperhatikan waktu dalam memesan.

 


Kembali ke halaman info & artikel