Bagaimana Membuat Merchandise Secara Tepat

26 Jul 2021. By Redpod Gifts

Dalam membuat merchandise yang tepat untuk dijual, pastinya tidak bisa sembarangan. Salah satunya tergantung dari produk apa yang akan dijual. Mengingat setiap item yang diproduksi akan dilakukan dengan cara yang berbeda. Agar Anda dapat membuat merchandise secara tepat, maka berikut hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Barang Apa yang Akan Dijual

Hal pertama adalah memperhatikan barang atau produk merchandise seperti apa yang akan dijual. Kali ini sesuaikan dengan target pasar. Misalnya saja Anda adalah seorang influencer, yang populer di kalangan pecinta kuliner. Kali ini Anda dapat membuat merchandiser yang berhubungan dengan makanan atau hal-hal yang pastinya digunakan oleh para pecinta kuliner, seperti mangkok, mug, tumbler, piring, atau yang lainnya.

Tidak hanya barang, Anda juga dapat menempatkan logo atau desain yang sesuai dengan karakter pecinta kuliner tersebut. Memberikan kata-kata unik dengan desain yang juga unik, pastinya akan memberikan kesan tersendiri bagi para pengguna.

2. Membuat Desain

Dalam membuat merchandise Anda juga perlu mempertimbangkan masalah logo, foto, slogan atau hal lainnya yang sesuai dengan barang dagangan, Anda atau bahkan perusahaan itu sendiri.

Jika Anda menggunakan jasa cetak, misalnya saja untuk mug  yang akan diprint, blo T-Shirt, atau yang lainnya. Pastikan cetakannya eksklusif, dan jangan terlihat murahan. Kali ini Anda dapat memberikan ide-ide menarik agar produk atau barang merchandiser tersebut laris di pasaran.

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mengecek permintaan dan reaksi pasar akan produk merchandiser yang ditawarkan adalah dengan melakukan pre order. Dari sini Anda dapat melihat atau mengecek sampai sejauh mana reaksi pihak konsumen, ketika melihat merchandiser yang ditawarkan.

Melakukan sesi tanya jawab akan merchandiser seperti apa yang diinginkan, juga akan jadi cara jitu, agar produk yang dijual nantinya laku di pasaran. 

3. Memesan Mockup

Untuk memperoleh desain produk merchandiser yang memuaskan. Kali ini Anda dapat menggunakan jasa desainer produk, untuk mendesain merchandiser seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan dan pangsa pasar Anda. Cara lainnya adalah dengan mencari seorang freelancer desain produk. Mengingat saat ini jasa yang dimaksud, cukup banyak di pasaran.

Dalam hal ini Anda perlu menentukan besarnya harga jasa yang diberikan, atau menyesuaikan bujet Anda dengan pihak penyedia jasa !

Dalam hal ini Anda juga dapat bekerja sama dengan jasa pembuat merchandiser itu sendiri. Karena umumnya jasa pembuat merchandiser ini juga mempunyai seorang desain produk atau desain grafis. Diskusikan dengan baik, produk dan desain yang diinginkan, maka pihak desain akan membuat contohnya untuk Anda.

4. Memesan Contoh Produk

Jika desain produk merchandiser sudah Anda kantoni berikutnya adalah memesan contoh produk yang diinginkan tersebut. Anda dapat melihat, tentang kualitas produk, desain produk, hasil cetakan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan produk dan kualitas merchandiser tersebut.

5. Menghitung Biaya Pemesanan Produk

Berikutnya cek harga yang diberikan ketika memesan produk merchandise tersebut. Atau dengan kata lain, berapa harga satuan produk merchandise tersebut. Lalu kalkulasikan dengan kebutuhan Anda, atau berapa buah produk yang akan Anda jual nantinya.

Pastikan biayanya sesuai dengan budget yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami over budgeting dalam hal berbelanja dan memesan produk merchandise.  

Sedikit tips untuk Anda yang ingin membuat merchandise untuk nantinya dijual kembali, dalam rangka mempromosikan perusahaan, atau yang lainnya, sebaiknya jangan membuat produk terlalu banyak di awal. Hal ini dilakukan untuk membatasi dan melihat reaksi konsumen akan produk yang dijual. Jika reaksinya baik, maka Anda dapat menjual produk tersebut kembali, atau justru membuat produk merchandise lainnya.  

 

Kembali ke halaman info & artikel