Bahan Dasar Pembuatan Boneka Promosi yang Sering Digunakan

24 Jul 2018. By Redpod

Boneka saat ini menjadi salah satu media promosi yang populer bagi sebagian perusahaan. Produk ini dinilai memiliki nilai lebih dibandingkan dengan media promosi lainnya termasuk nilai emosional terhadap konsumen, terlebih lagi jika boneka tersebut merupakan boneka mascot perusahaan yang menjadi icon atau ciri khas perusahaan. Sebelum Anda menggunakan boneka sebagai souvenir promosi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu beberapa bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat boneka promosi atau boneka mascot perusahaan.

 

Flanel

Flanel merupakan salah satu jenis kain. Kain flanel memiliki beberapa keunggulan sehingga dipilih sebagai bahan pembuatan boneka, termasuk boneka promosi. Salah satu keunggulan kain jenis ini adalah variasi warna yang sangat beragam. Dengan banyaknya warna, pembuat boneka bisa dengan mudah memadupadankan kain flanel untuk membuat boneka custom yang menarik. Selain itu, kain flanel yang terbuat dari serat wol memiliki tekstur yang lembut saat dipegang serta tidak menimbulkan alergi, baik pada kulit atau pernapasan. Kain flanel lebih sering digunakan karena mudah didapatkan di pasaran. Selain itu harga kain flanel juga relatif terjangkau, namun bisa menghasilkan boneka custom yang berkualitas. 

Velboa

Jenis kain lain yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan boneka promosi adalah kain velboa. Kain ini juga digunakan sebagai bahan pembuat boneka custom atau boneka mascot karena berbulu pendek. Boneka dengan bahan velboa ini juga tidak menyebabkan alergi pada kulit atau pernapasan. Selain sebagai bahan pembuatan boneka, kain velboa juga sering digunakan sebagai bahan dasar matras dan sofa.

Rasfur

Berbeda dengan flanel dan velboa, kain rasfur justru memiliki bulu yang lebih panjang. Walaupun berbulu panjang, namun teksturnya tetap halus dan lembut seperti handuk. Umumnya, kain rasfur digunakan untuk jenis boneka teddy bear, doraemon, dan lain sebagainya. Karena halus dan lembut serta hangat maka boneka custom atau boneka mascot dari rasfur sering digunakan teman tidur anak-anak. Harga kain rasfur bervariasi namun umumnya ditentukan dari panjang bulunya. Semakin panjang kain bulu rasfur, maka harga kain tersebut akan semakin mahal.

Nylex

Jika Anda pernah memegang boneka dengan permukaan yang halus dan terasa lebih tipis, bisa jadi boneka tersebut terbuat dari kain Nylex. Walaupun terasa lebih tipis dan halus, namun kain ini tetap dijadikan pilihan bahan dasar, khususnya untuk membuat boneka custom atau boneka mascot yang berukuran kecil atau sedang sehingga lebih ringan. 

Yelvo

Bagi pembuat boneka yang masih belum terbiasa merasakan kain, maka tekstur kain Yelvo akan terasa hampir sama dengan kain velboa. Memang, kain yelvo memiliki bulu yang pendek sehingga teksturnya halus dan lembut. Yang membedakan antara kain yelvo dan kain velboa adalah tekstur kain yelvo yang bisa melar. Cara menjahit kain ini juga berbeda dengan cara menjahit kain velboa.

Snail

Ada kalanya Anda akan ditawari jenis kain lain jika kain rasfur sedang tidak ada atau tidak tersedia. Sebagai gantinya, Anda akan ditawari jenis kain snail untuk pembuatan souvenir boneka yang Anda inginkan. Kain snail memang memiliki tekstur yang mirip dengan kain rasfur. Teksturnya lembut, halus, dan hangat saat dipegang. Yang paling mencolok dari kain snail adalah adanya motif. Biasanya, motif kain snail berbentu keriting dan jika diamati bentuknya seperti mawar.

 

Semua bahan di atas adalah bahan dasar pembuatan boneka custom atau boneka mascot yang sudah umum digunakan di berbagai pabrik boneka. Jika Anda ingin membeli boneka untuk kepentingan promosi, silakan mengunjungi www.redpodgifts.com. RedPod Gift memiliki berbagai bentuk souvenir boneka yang lucu. Anda bisa berdiskusi dengan kami terlebih dahulu untuk detail boneka promosi yang ingin dipesan termasuk bahan yang tepat. Nantinya, Anda bisa menggunakan boneka custom ini sebagai media promosi dengan harga terjangkau, namun tetap berkualitas, dan yang paling penting efektif untuk meningkatkan perhatian konsumen pada produk dan layanan Anda. 


Kembali ke halaman info & artikel