Begini 4 Cara Mempromosikan Bisnis Dengan Biaya Minim

27 Aug 2020. By RedPod Gifts

Berbisnis memang tidak hanya membutuhkan dana untuk bangunan, bahan hingga pegawai. Selain itu, promosi juga menjadi bagian dari bisnis itu sendiri yang membutuhkan dana. Namun meski demikian, promosi yang maksimal tidak berarti memerlukan biaya yang besar. Anda juga tetap bisa melakukan strategi marketing bisnis Anda dengan biaya yang minim tetapi menarik, seperti melakukan 4 cara ini:

 

  1. Promosikan Bisnis Melalui Bentuk Komunikasi Apapun

Mempromosikan bisnis dapat dilakukan dengan ragam cara seperti membangun komunikasi dalam bentuk apapun dengan konsumen Anda. Anda dapat memulainya dengan memiliki business card dan memberikan bisnis card tersebut pada orang yang Anda temui sebagai media yang menunjukkan kelas dan kredibilitas bisnis sekaligus media promosi.

Melalui business card yang didalamnya terdapat logo perusahaan, kontak, sosial media dan lain-lain, tentunya menunjukkan keseriusan Anda dalam berbisnis yang kemudian dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan kata lain, business card adalah bentuk promosi sekaligus komunikasi lain yang dapat dibangun antara Anda dan konsumen Anda.

Anda juga dapat membagikan brosur yang didalamnya mencantumkan kontak serta sosial media perusahaan Anda. The main point, bangun komunikasi dengan pelanggan dengan cara apapun.

 

  1. Promosikan Melalui Blog dengan Artikel Berkualitas

Selanjutnya, media promosi dengan biaya minim juga bisa dilakukan melalui website atau blog dengan mencantumkan artikel berkualitas didalamnya. Untuk menciptakan artikel berkualitas sendiri sebelumnya pastikan dahulu bahwa konten artikel yang dibuat memang berhubungan dengan bisnis Anda. Selanjutnya, coba pelajari teknik SEO atau carilah content writer yang memahami SEO untuk menghasilkan tulisan yang dapat menaikkan trafik pengunjung website Anda.

 

  1. Bicarakan Bisnis Melalui Talkshow/Seminar

Cara promosi lainnya yang tidak memerlukan biaya besar adalah dengan membicarakan bisnis Anda melalui sebuah talkshow atau seminar. Hal ini bukan berarti Anda perlu membuat acara talkshow/seminar itu sendiri yang justru memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Anda hanya perlu menghubungi komunitas bisnis tertentu contohnya di universitas Anda kuliah dahulu yang dapat membantu mempromisikan produk Anda. Contohnya dengan menawarkan diri sebagai sponsor dalam sebuah acara dengan tema bisnis, atau Anda sendiri yang menjadi pembicara dalam acara tersebut.

 

  1. Promosikan Bisnis Melalui Aktifitas Apapun yang Anda Kerjakan

Bisnis tentunya bukan satu-satunya aktifitas yang Anda lalui. Ada saatnya Anda berjalan-jalan atau sebatas berbelanja. Tapi sebenarnya, kegiatan lain ini tetap bisa dilakukan sebagai media promosi dengan biaya minim loh. Yakni dengan menggunakan baju yang memiliki logo, kontak dan sosial media perusahaan Anda saat bepergian.

Selain baju, media promosi lain yang dapat digunakan saat mengerjakan aktifitas lainnya adalah topi atau jaket. Tidak ada salahnya pula lho jalan-jalan sambil membagikan brosur.

 

Selain ke 4 cara di atas, dalam mempromosikan bisnis juga dibutuhkan cara berbicara yang fokus, jujur dan menarik. Dengan demikian latihlah diri Anda agar setiap promosi baik berupa lisan maupun lisan dapat menarik klien dan konsumen Anda.


Kembali ke halaman info & artikel