Cara Mengelola dan Menentukan Produk-Produk Promosi

04 Apr 2018. By Redpod

Berbisnis membutuhkan kesabaran, kerja keras, serta pemikiran dan tindakan yang cermat. Dalam melakukan promosi, salah satu hal yang perlu Anda pikirkan adalah memilih produk-produk promosi (merchandise, souvenir, dsb.). Di bawah ini ada beberapa tips.

1.     Memutuskan merchandise atau souvenirnya

Misalnya, perusahaan tidak dapat memilih merchandise atau souvenir hanya berdasarkan apa yang mereka sukai. Mereka harus mempertimbangkan apa yang akan konsumen sukai dan hargai. Terkadang, perusahaan mungkin akan memilih koozies sebagai barang promosi mereka. Meskipun koozies bagus diberikan sebagai kenang-kenangan, tetapi itu tidak berarti bahwa pilihan ini akan memberikan hasil yang sama untuk semua bisnis. Jika Anda menjalankan bisnis yang menjual barang-barang persediaan, produk perawatan kesehatan, atau jika bisnis Anda terkait dengan anak-anak, maka koozies bukanlah barang yang tepat. Koozies dapat digunakan sebagai souvenir untuk bisnis yang fokus pada kerajinan bir misalnya. Sebelum Anda memutuskan jenis merchandise atau souvenir custom yang unik yang akan Anda jadikan sebagai produk promosi, Anda perlu mengetahui demografi konsumen Anda. Pastikan Anda dapat menarik garis tebal dari minat pribadi mereka serta hobi mereka, sehingga mereka menghargai hadiah yang Anda berikan.

2.     Memikirkan tentang informasi yang ingin Anda sampaikan

Informasi itu penting untuk diberikan karena Anda memperkenalkan atau mengkomunikasikan inti bisnis perusahaan Anda melalui informasi tersebut. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda memberikan jumlah informasi yang tepat. Terlalu banyak teks atau tulisan akan menyebabkan pembaca kebingungan dan membuat mereka enggan membaca semua informasi. Dengan kata lain, hal itu dapat mengurangi minat mereka. Di sisi lain, jika tidak ada informasi sama sekali, misalnya jika hanya ada logo yang tercetak pada merchandise atau barang promosi Anda, sama saja dengan Anda membiarkan konsumen Anda bertanya-tanya. Meskipun Anda mungkin menemukan bahwa banyak perusahaan melakukan cara ini ketika memberikan souvenir atau semacamnya, lebih baik jika kita dapat menempatkan sesuatu yang dapat membuat mereka ingat akan bagian dari merek Anda. Jika Anda mau, Anda juga dapat menginspirasi mereka. Selain itu, penting juga untuk memberitahu mereka cara untuk menghubungi Anda atau perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda juga dapat menempatkan nama media sosial, alamat email, atau URL situs web pada merchandise atau souvenir Anda.

3.     Manajemen waktu

Jika Anda perlu menyiapkan grosir merchandise atau souvenir untuk promosi dalam acara tertentu, itu berarti Anda juga harus memiliki waktu yang cukup antara waktu order ke supplier dan acara tersebut. Pastikan semua produk promosi tersebut siap setidaknya 2 hari sebelum hari acara. Jangan pernah berpikir bahwa pemasok (supplier) Anda dapat membuatnya dalam waktu singkat karena beberapa barang membutuhkan waktu lebih lama daripada yang lain. Anda tidak pernah tahu situasi seperti apa yang akan Anda hadapi. Karena itu, jangan pernah meremehkan persiapan yang baik. Anda harus merencanakan dengan hati-hati ketika Anda akan memesan grosir merchandise, souvenir, dll. sebelum barang-barang tersebut digunakan.


Kembali ke halaman info & artikel