Ini Akibat Mengkonsumsi Makanan Olahan Secara Berlebihan

09 May 2019. By Redpod Gifts

Makanan olahan sudah sangat familiar bagi kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, tahukah Anda apa itu makanan olahan? Menurut Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa makanan olahan adalah makanan yang telah dimasak, dibekukan, dikalengkan, lalu dikemas dan diubah kandungan nutrisinya.

Walaupun mungkin Anda terbiasa membelinya, tapi jika mengkonsumsi makanan olahan terlalu banyak juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dampak Mengkonsumsi Makanan Olahan Berlebihan

Jika mengkonsumsi makanan olahan secara berlebihan, ada beberapa dampak bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut :

Gangguan Konsentrasi

Mengkonsumsi makanan olahan terlalu banyak yang mengandung karbohidrat sederhana dan tinggi gula dapat menyebabkan gangguan konsentrasi atau biasa disebut sebagai brain fog. Kate Martino, MS, PA-C, selaku asisten dokter berlisensi menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan olahan yang terlalu sering bisa menyebabkan defisiensi sejumlah nutrisi. Diantaranya antioksidan, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk menjernihkan otak dan menambah energi.

Sehingga Anda lebih sulit konsentrasi saat mengerjakan tugas, baik tugas sekolah maupun tugas pekerjaan, bahkan bisa menyebabkan tubuh kehilangan energi.

Masalah Pencernaan

Menurut ahli kesehatan, apapun jenis makanan olahan tersebut bisa beresiko menyebabkan masalah pencernaan. Di samping itu, zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat menjadi racun untuk bakteri baik yang ada dalam tubuh. Adapun untuk memahami perbedaan antara makanan olahan dan alami yaitu dengan membaca daftar komposisi bahan-bahannya.

Rendahnya Gula Darah

Jika kita mengkonsumsi karbohidrat sederhana terlalu banyak, imbasnya gula darah menjadi meningkat. Adapun untuk menurunkan gula darah harus melakukan sekresi insulin. Sehingga semakin meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh, maka sekresi insulinnya pun harus semakin banyak dilakukan. Namun hal tersebut justru sering menyebabkan rendahnya gula darah dalam tubuh. Imbasnya bisa menimbulkan rasa lapar, kekurangan karbohidrat, tubuh merasa lemah, dan meningkatnya nafsu makan.

Resistensi Insulin

Ahli gizi juga menjelaskan bahwa saat kita memakan makanan olahan berupa sirup jagung yang tinggi fruktosa maka kita sama saja dengan memaksa hati mengeluarkan gula lebih banyak, dapat meningkatkan glukosa darah, serta berkontribusi untuk meningkatkan insulin agar menetralkan kondisi tubuh tersebut. Selain itu, mereka juga berpendapat bahwa dengan perbaikan insulin yang terlalu banyak justru dapat mengakibatkan resistensi insulin. Inilah penyebab awal terjadinya obesitas dan diabetes.

Gangguan Kecemasan

Saat kecemasan menyerang, tak jarang kita biasanya mencari camilan yang mengandung gula atau sejenis makanan olahan yang lainnya. Hanya saja, semakin banyak Anda mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi atau makanan olahan tersebut, maka tingkat kecemasan Anda pun semakin meningkat.

Berdasarkan ahli gizi, terdapat sejumlah penelitian yang menjelaskan tentang bagaimana sejumlah makanan olahan dapat menghilangkan nutrisi penting lebih banyak, seperti magnesium, omega 3, vitamin B, dan nutrisi-nutrisi penting lainnya dalam tubuh sehingga berpengaruh terhadap kesehatan mental sekaligus mencegah terjadinya gangguan mental.

Pola tidur Terganggu

Dampak mengkonsumsi makanan olahan terlalu banyak, terutama di malam hari juga bisa menyebabkan gangguan pola tidur. Memakan makanan manis saat malam hari dapat membuat adrenalin meningkat dan hal ini bisa merusak pola alami pada serotonin, imbasnya dapat merusak pola tidur Anda.

Untuk menggerakkan pola hidup dan pola makan yang sehat seperti di atas, tak ada salahnya kita mengingatkan semua orang dengan mempromosikan gerakan hidup sehat lewat produk-produk merchandise yang ramah lingkungan. Redpod Gifts menyediakan berbagai pilihan barang promosi yang berkualitas dan berharga kompetitif. Anda juga bisa memesan produk merchandise atau souvenir untuk menggerakkan pola hidup sehat kepada masyarakat khususnya target marketing perusahaan anda dengan produk-produk penyimpanan makanan yang dijamin aman digunakan.


Kembali ke halaman info & artikel