Mengenal 5 Fungsi Merchandise Untuk Promo Bisnis / Perusahaan Anda

08 Apr 2021. By Redpod Gifts

Anda tentu tahu, bahwa merchandise sendiri adalah bentuk produk yang menampilkan brand, logo, atau bahkan nama perusahaan yang nantinya diberikan pada pihak konsumen. Saat ini tidak hanya perusahaan besar saja yang menggunakan merchandise sebagai kegiatan promosi, namun banyak juga UKM atau usaha skala menengah atau bahkan kecil, menggunakan media yang sama. Fungsi merchandise ini sangat penting, dalam mempromosikan bisnis atau perusahan yang sedang dijalankan. 

1. Jadi magnet bagi para konsumen

Tahukah Anda, tidak sedikit konsumen yang tergiur untuk membeli produk tertentu, atau bahkan menggunakan jasa tertentu, hanya untuk memperoleh merchandise yang ditawarkan oleh pihak produsen, yang dinilai lucu, unik  dan cantik oleh para konsumen.

Dari fakta tersebut, jelas sudah, bahwa daya tarik sebuah merchandise ini memang sangat kuat, bagi para konsumen. Dari kenyataan tersebut, Anda selaku pebisnis dapat memanfaatkan merchandise tersebut, guna mempromosikan bisnis atau perusahaan atau bahkan mempromosikan produk yang Anda buat. Pastikan Anda membuat dan memilih desain merchandise yang benar-benar unik, dan mampu menarik perhatian para konsumen.

2. Meningkatkan daya saing produk

Pastinya bersaing di pasaran bebas dengan produk dan layanan yang kurang lebih sama, sulit untuk dilakukan. Sebaiknya Anda memberikan penawaran, layanan atau hal lainnya yang mampu membedakan antara produk / layanan Anda dengan pesaing lainnya.

Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan merchandise. Seperti yang disebutkan dalam ulasan sebelumnya. Ketika pihak konsumen melihat merchandise yang ditawarkan, mungkin saja, banyak dari para konsumen yang jadi tertarik, hingga bahkan membeli produk atau layanan yang diberikan.   

3. Bentuk apresiasi terhadap konsumen

Fungsi merchandise untuk para konsumen ini adalah sebagai bentuk apresiasi dari pihak perusahaan seperti Anda, terhadap loyalitas pada konsumen terhadap produk atau layanan yang Anda berikan.

Salah satu cara untuk memberikan loyalitas tersebut, adalah dengan mengadakan kegiatan langsung, dan setiap pelanggan yang membeli produk atau layanan yang disediakan berhak memperoleh merchandise tertentu. Layanan seperti ini yang pastinya membuat para konsumen semakin tertarik akan bisnis / produk yang ditawarkan.

4. Sebagai media promosi jangka panjang

Beberapa jenis merchandise dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Semakin banyak digunakan, atau dapat diletakkan di tempat yang strategis, membuat para konsumen atau pelanggan bisnis Anda, akan selalu teringat akan bisnis atau produk yang ditawarkan.

Bandingkan jika Anda hanya melakukan promosi melalui brosur atau juga booklet, yang umumnya hanya dilihat sepintas, dan dilupakan. Pastinya ini akan jadi media promosi yang kurang efektif. Lain halnya seperti menggunakan merchandise, apalagi jika produk tersebut, kategori yang umum digunakan, seperti payung, mug dan yang lainnya. Sedikit banyak para konsumen akan mempertimbangkan produk Anda, terutama bagi yang belum pernah menggunakan atau mencobanya.

5. Sebagai media promosi efektif antar konsumen

Media merchandise juga secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai media promosi, dari konsumen ke konsumen lainnya. Misalnya saja dengan meminjamkan payung merchandise pada teman lainnya, atau bisa juga notes merchandise, dan aneka merchandise lainnya. Dimana didalam merchandise tersebut terdapat nama produk, alamat kontak, atau hal-hal lainya yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Ini akan jadi media promosi tidak langsung, juga cukup efektif, lantaran umumnya konsumen akan selalu penasaran akan hadirnya produk atau layanan tertentu. Itu pula yang membuat konsumen lainnya mencari tahu, atau bahkan membeli / menggunakan produk yang ditawarkan.

Walaupun terbilang sederhana, dengan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, namun dampak dari penggunaan merchandise ini sangat penting untuk keberlangsungan produk atau layanan bisnis Anda di masa yang akan datang. Jadi jangan pernah meremehkan fungsi merchandise itu sendiri, bahkan cari dan buat merchandise sesuai dengan kebutuhan Anda.


Kembali ke halaman info & artikel