Mengenal USB dan Spesifikasinya

11 Jun 2018. By Redpod

USB merupakan salah satu perangkat penghubung utama di berbagai perangkat elektronik, khususnya komputer atau laptop sebagai media penyimpanan ataupun media transfer. Penggunaan USB atau flashdisk yang semakin luas untuk berbagai kegunaan membuat banyak orang semakin penasaran mengenai USB secara mendetail dan spesifikasinya.

 

Memiliki 3 Versi Standar

Saat ini USB flashdisk mempunyai tiga versi standar utama yang bisa didapatkan di pasar. USB 1.0 merupakan versi awal dari flashdisk yang diluncurkan beberapa tahun silam. Versi ini kemudian direvisi ke tingkat USB 1.1. Tentu saja jika dibandingkan dengan versi USB flashdisk saat ini, versi ini masih ketinggalan zaman karena koneksi dan kecepatannya yang kurang baik. USB 2.0 menjadi jenis dan versi USB lain yang lebih canggih. Versi ini awalnya diperkenalkan pada tahun 2000. USB flashdisk ini menjadi versi standar munculnya USB level tertinggi saat ini. Varian ini sering disebut sebagai high speed USB. Sedangkan untuk versi selanjutnya yang menjadi versi tertinggi adalah USB 3.0 yang memiliki sebutan super speed USB dengan mode operasi half duplex. USB 3.1 yang diluncurkan untuk memperbaiki versi USB 3.00 dengan mode super speed dan kualitas yang jauh lebih baik. Selain ketiga varian standar di atas, masih ada dua revisi versi standar lainnya yaitu USB tipe C  yang memakai standar konektor 24 pin reversible dan kecepatan transfer yang bagus.

Kecepatan USB

Di awal kemunculannya, USB flashdisk sudah mengalami berbagai peningkatan kecepatan. Awalnya USB ini diluncurkan dengan kecepatan low speed dari 1.5 mbit/s sampai 10 gbit/s yang menjadi varian USB tercepat saat ini. Di era low speed atau USB 1.0, kecepatan rata – ratanya mencapai 1.5 mbit/s. Sedangkan untuk full speed USB 1.0, kecepatannya mencapai 12 mbit/s. Lalu USB 2.0 high speed mampu menjangkau 480 mbit/s. Kemudian USB 3.0 super speed mampu mencapai kecepatan 5 gbit/s. Varian tertinggi adalah USB 3.1 super speed plus yang mampu menjangkau maksimal rate 10 gbit/s. Data ini merupakan data kecepatan maksimal dari USB itu sendiri. Anda bisa memperoleh flashdisk custom dan unik macam begitu di supplier USB terpercaya Jakarta. Pembelian USB flashdisk di supplier jauh lebih murah dan berkualitas karena Anda akan mendapatkan harga grosir untuk setiap unit yang dibeli.

Memiliki Komponen Utama Yang Handal

USB flashdisk merupakan alat penyimpanan untuk mentransfer atau mengcopy data. Alat ini berbentuk flash memory yang hanya bisa digunakan sebanyak 50.000 hingga 150.000 kali. Ketika USB ini sudah digunakan berkali – kali, maka akan rusak dengan sendirinya. USB digunakan sebagai media penyimpanan portable yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi. USB flashdisk ini juga berguna sebagai alat untuk mem-booting komputer atau laptop. Selain itu, flashdisk juga bisa dipakai sebagai alat untuk menambah memory pada sistem Windows. Terkadang flashdisk juga berguna sebagai pemutar lagu MP3 secara portable.

 

Sebenarnya ada beberapa komponen internal dalam sebuah produk USB flashdisk. Sedikitnya ada 8 jenis komponen, yaitu sambungan USB, perangkat kontrol dan penyimpanan masal, chip flash memory, LED, titik – titik percobaan, oscillator kristal, tombol switch write protect, dan ruang kosong untuk menyimpan chip flash memory kedua. Untuk memperoleh produk USB flashdisk berkualitas, Anda bisa membelinya di supplier flashdisk Jakarta. Salah satunya adalah Redpod Gifts yang menyediakan berbagai jenis flashdisk unik atau flashdisk custom berkualitas dengan berbagai desain, harga, dan bentuk. Anda bisa segera membuka website kami di https://www.redpodgifts.com/category/Gadget-Tools/USB-Flashdisk untuk melihat produk dan mencari informasi tentang USB flashdisk promosi.


Kembali ke halaman info & artikel