Yuk Coba Buat Pouch Mandiri, Bahan-bahannya Apa Saja Ya?

13 Oct 2021. By Redpod Gifts

Salah satu jenis tas mini yang sedang menjadi tren fashion adalah pouch. Bentuknya yang mini memudahkan kita untuk mengorganisir beberapa barang-barang yang berukuran tidak terlalu besar, dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain cocok untuk dijadikan fashion, kebutuhan akan penggunaan pouch juga difungsikan untuk souvenir, seperti di acara pernikahan, seminar, atau pun pelatihan dan  acara besar lainnya. Souvenir sebagai tanda kenang-kenangan sekaligus bentuk terima kasih kepada para undangan. 

Desain pouch pada setiap acara juga berbeda-beda tergantung kepada tema yang diangkat dalam acara atau kegiatan tersebut. Ada berbagai jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat pouch, harganya pun bervariatif tergantung jenisnya. Semakin bagus bahan yang digunakan, maka akan semakin tinggi juga nilai bahan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh jenis bahan-bahan pouch:

  1. Kanvas

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk membuat pouch adalah kanvas. Karakteristik dari kanvas itu sendiri bersifat halus, cukup tebal dan tidak kaku. Kanvas umunya berwarna putih atau agak abu-abu yang diakibatkan oleh proses pemutihan mori.

  1. Drill

Bahan selanjutnya adalah drill. Drill adalah bahan yang memiliki harga mahal namun kualitas bahannya premium. Drill berasal dari serat yang terbuat dari campuran katun dengan polyester, yang biasanya cocok digunakan untuk sablon atau printing. Bahan ini adalah jenis bahan premium yang memiliki keunggulan tidak mudah kusut dan tidak mudah pudar saat digunakan proses pewarnaan. 

  1. Perca

Kalian pasti sudah mengenal kain perca, bukan? Kain jenis ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang dalam berkreasi produk-produk handmade. Kain perca sendiri berasal sisa-sisa bahan yang digabungkan, sehingga dapat diproduksi kembali untuk membuat pouch. Selain menjadi desain yang unik, pembuatan pouch menggunakan bahan jenis ini juga tidak perlu mengeluarkan banyak cost, atau bisa dikatakan minim budget. 

  1. Spunbond

Salah satu jenis bahan-bahan pouch selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat pouch adalah spunbond. Bahan ini bisa dibilang jenis bahan paling murah, namun memiliki kualitas rendah yang tidak sekuat bahan lain. Bahan spunbond terbuat dari serat kombinasi bahan kimia dan cat pelarut yang dipanaskan. Pouch  yang dibuat menggunakan bahan spunbond ini biasanya dibuat sebagai souvenir pernikahan karena membutuhkan budget minim namun kuantitas yang banyak.

  1. Blacu

Bahan selanjutnya yaitu blacu. Blacu hampir sama dengan bahan kanvas, karena bahan dasarnya terbuat dari mori. Bedanya, bahan blacu ini belum tidak masuk ke tahapan pemutihan dan cenderung lebih tipis disbanding kanvas. Kain blacu ini juga memiliki harga yang relatif murah. 

  1. Dinir

Bahan dinir merupakan salah satu jenis bahan yang terbuat dari polyester yang bertekstur lembur, kuat dan tidak mudah kusut. Jenis bahan ini kuat terhadap berbagai jenis macam kondisi dan juga memiliki harga yang relative terjangkau.

  1. Denim

Bahan terakhir dari bahan-bahan pouch yang bisa digunakan adalah denim. Denim biasanya sering kita dengar dengan sebutan jeans. Bahan jenis ini terbilang cukup kuat, tidak mudah rusak dan tahan lama. Selain itu, jenis bahan ini tidak mudah kusut, sehingga akan terlihat rapi. Kekurangannya, jika sering dipakai dan dicuci, maka warna dari kain ini akan luntur, namun akan menampilkan efek vintage.

Itulah beberapa referensi bahan-bahan pouch dengan berbagai kualitas dan harga. Bahan-bahan tersebut juga mudah sekali untuk kita cari dan tentunya masih dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat pouch sendiri?


Kembali ke halaman info & artikel